Mungkin udh banyak yang denger bahwa secara psikologis, manusia ntuh terbagi dalam 4 jenis kepribadian yang berbeda. Yep, bener banget. Keempat kepribadian ntuh adalah plegmatis, melankolis, sanguinis, ‘n koleris. Tapi tau nggak darimana asal 4 kepribadian ntuh??
Menurut Alfred Adler, 4 jenis kepribadian dalam diri manusia ntuh berasal dari energi yang dimiliki seseorang. Masih bingung?? Kita bahas satu-satu , deh..

1.Tipe Penguasa (Koleris)
Asal kata Koleris yaitu dari Bahasa Yunani choleric. Arti choleric adalah panas dan kering. Orang tipe koleris diibaratkan sbagai orang yang kelebihan cairan empedu kuning. Tipe ini cenderung memiliki sifat menguasai dan agresif. Mereka punya energi yang sangat besar sampai mampu memaksa orang lain melakukan apa yang diinginkannya. Biasanya, pemimpin tipe koleris emang rada otoriter.

2. Tipe Ketergantungan (Plegmatis)
Asal kata Plegmatis adalah phlegmatic, artinya dingin dan basah. Maap..maap nih, ya…orang tipe ini diibaratkan kelebihan air liur. Orang plegmatis biasanya lamban n tergantung banget ma orang laen karena emang energi yang mreka miliki nggak seberapa besar. Mereka nih, orang-orang yang suka membentengi diri mereka dengan mengandalkan orang laen.

3. Tipe Pengingkaran ( Melankolis)
Asal kata Melankolis adalah melancholy, artinya dingin dan kering. Orang melankolis diibaratkan kelebihan empedu hitam. Diantara tipe yang laen, mereka ini punya energi yang paling kecil. Makanya, makhluk melankolis biasanya suka menolak/ mengingkari keberadaan orang laen. Ati-ati, orang nih biasanya sensi n gampang baget sedih. Kalo udah sampe batas maksimum (ceile….motor kalee…), orang melankolis berpotensi bwat jadi psikopat (na’udzubillah….)

4. Tipe Sosial (Sanguinis)
Asal kata Sanguinis adalah sanguine, artinya hangat dan cair. Ibaratnya, orang ini kelebihan darah (wah, wajib donor nih…..). Tipe ini punya energi gede, tapi cenderung menyalurkan energinya lewat atraksi sosial. Bertolak belakang ma melankolis, orang sanguinis biasanya riang dan bersahabat. Pokoknya klo deket2 orang sanguinis, bawa’annya seneng deh. Tapi, orang sanguinis agak nggak cocok bwat jadi pemimpin, soalnya susah banget diajak serius.