Sebuah berita mengejutkan hadir dari iPhone di market China, yang akan diluncurkan di bulan Juli mendatang. Apple menamakan iPhone ini dengan nama ChiPhone, yang memiliki tiga metode komunikasi, yakni EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution), 3G, dan standard komunikasi China.

Laporan tersebut berasal dari China Economic News Service (CENS) dan berfokus kepada beberapa perusahaan Taiwan untuk ambil bagian sebagai supplier part iPhone. Dalam laporan tersebut juga menyebutkan bahwa ini adalah iPhone versi ketiga, yang dijadwalkan akan dirilis di awal bulan Juli di China.

Hal ini yang menyebabkan berbagai pertanyaan muncul, mengingat negosiasi Apple dan perusahaan telecom wireless terbesar di China, yakni China Mobile, telah berakhir sekitar setahun yang lalu. Sementara terdapat laporan lainnya, seperti yang dilansir dari The Reg menyebutkan bahwa kompetitor China Mobile, yakni China Unicom akan berdiskusi lebih mendalam dengan perusahaan Apple yang bermarkas di Cupertino, California tersebut.

Menurut artikel CENS, ChiPhone ini akan dilengkapi dengan lisensi tiga jaringan 3G China, seperti Chinese Mobile TD-SCDMA, Qualcomm CDMA-2000 dari China Telecom, WCDMA China Unicom. CENS melaporkan bahwa dua manufaktur konektor Taiwan, Cheng Uei Precision Industry dan Advanced Connectek, akan ikut melengkapi dock connector di iPhone dan iPod di pertengahan tahun ini.

(Sumber: beritanet.com)