PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) sebagai satu-satunya operator telekomunikasi yang memiliki 2 (dua) lisensi dengan layanan bergerak (seluler) dan mobilitas terbatas (FWA), kembali menghadirkan inovasi terbaru yang menggabungkan kemampuan kedua layanan tersebut ke dalam satu kartu RUIM dengan nama “Fren Duo”. Dengan produk ini pelanggan dapat menikmati manfaat-manfaat layanan seluler Fren dan layanan nomor telepon rumah (FWA) di dalam satu kartu RUIM secara bersamaan (dual-on). Kehadiran Fren Duo semakin mempertegas Fren sebagai layanan seluler yang paling ‘hemat dan tidak repot’.

“Fren Duo sangat sesuai digunakan oleh para pelanggan CDMA yang memiliki kebutuhan mobilitas tinggi (mobile) dan menginginkan tarif yang ekonomis. Tidak berlebihan apabila Mobile-8 menargetkan tambahan pelanggan baru dari layanan ini sebesar 2,3 juta pelanggan yang berasal dari 5% pasar pengguna CDMA dan 1% pasar pengguna GSM saat ini,” ujar Beydra Yendi, Direktur Marketing & Sales PT Mobile-8 Telecom Tbk.

Sukaca Purwokardjono, Head of Product Marketing & Strategy PT Mobile-8 Telecom Tbk juga menambahkan, “Layanan komunikasi ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Untuk pelanggan Fren Duo bila sedang di dalam kota dapat memakai layanan atau nomor FWA untuk menikmati tarif dalam kota yaitu semurah tarif telepon rumah. Selain itu pelanggan tidak perlu repot karena layanan ini bisa dibawa keluar kota tanpa harus melakukan pendaftaran atau menukar kartu. Jadi saat ini Fren bisa memberikan tarif semurah telepon rumah dan tetap bisa dibawa kemanapun pelanggan pergi.

Pengguna Fren Duo akan mendapatkan dua nomor sekaligus yaitu nomor selular dengan prefix 0888 dan nomor FWA dengan nomor prefix kode area (021, 022, dst) dalam satu kartu dimana nomor prefix 0888 sebagai nomor utama ketika pertama kali pelanggan melakukan aktivasi. Perpindahan layanan dari nomor Fren ke nomor FWA cukup mudah dengan men-dial *55. Setelah terdengar nada, maka pelanggan telah berpindah ke nomor layanan FWA. Dan untuk kembali ke nomor layanan selular, pelanggan cukup men-dial *550. Untuk mengetahui status layanan, pelanggan cukup mengirim SMS dengan ketik: status dan kirim ke tujuan 551, kemudian pelanggan akan menerima message yang menyatakan status layanan yang sedang dinikmati.
Layanan mobilitas terbatas (FWA) pada Fren Duo hanya dapat digunakan di dalam wilayah nomor kode area yang dimiliki. Karena itu, apabila pelanggan yang sedang menggunakan FWA melakukan mobilitas keluar dari kode area dari nomer tersebut maka akan secara otomatis berpindah ke nomor Fren. Manfaat yang dinikmati pelanggan juga secara otomatis disesuaikan dengan jenis layanan yang sedang digunakan.

Pelanggan existing Fren atau Hepi (FWA) juga bisa menikmati layanan ini dengan meng-upgrade kartu mereka menjadi Fren Duo. Bagi pelanggan Fren yang belum memiliki nomor Hepi atau sebaliknya, bisa memiliki nomor kedua dengan mengunjungi Mobile-8 Center terdekat untuk kemudian didaftarkan sebagai pelanggan Fren Duo.

“Dengan Fren Duo, pelanggan bisa menikmati tarif gratis ke sesama Fren dan Hepi (FWA) dan juga mendapatkan tarif murah ketika menghubungi dan dihubungi dari nomor telepon rumah (PSTN) layaknya nomor FWA. Di saat bersamaan, pelanggan juga mendapatkan mobilitas layaknya nomor GSM. Kedua nomor tersebut aktif secara bersamaan,” jelas Sukaca Purwokardjono.

Layanan Fren Duo untuk tahap pertama dipasarkan di acara ICS 2009 Jakarta pada tanggal 10-14 Juni 2009. Selanjutnya layanan ini dapat dinikmati oleh masyarakat di luar Jakarta pada tanggal 15 Juni 2009 setelah selesainya acara ICS 2009.

Pada tahap awal, Fren Duo hadir di 13 kode area yang mencakup 57 kota di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. 13 kode area tersebut adalah 021 (Jadetabek), 022 (Bandung), 0251 (Bogor), 0231 (Cirebon), 024 (Semarang), 0274 (Jogja), 0271 (Solo), 031 (Surabaya), 0341 (Malang), 0361 (Denpasar), 0411 (Makassar), 0511 (Banjarmasin), dan 061 (Medan).