Dua hari lagi, lebih dari 100 negara di dunia ini berkomitmen untuk berpartisipasi dalam Earth Hour. Earth Hour adalah gerakan mematikan lampu selama satu jam, 60 menit, pada 27 Maret 2010 pukul 20:30 – 21:30 waktu setempat. EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Sudah tiga kali Earth Hour diadakan, sedangkan tahun ini adalah kali ke-dua Indonesia bergabung dalam Earth Hour.

Tujuan utama kampanye EARTH HOUR tahun ini adalah untuk melanjutkan target efisiensi energi bahkan jauh setelah kegiatan kampanye EARTH HOUR berakhir. Jadi kampanye ini mengingatkan semua orang bahwa bergaya hidup hemat energi tidak hanya dengan berpartisipasi di EARTH HOUR saja, tetapi aksi kecil ini harus terus dilakukan setiap hari untuk secara efektif mengurangi gas rumah kaca.

Mengapa Earth Hour digalakkan di Jakarta? Karena berdasarkan data konsumsi listrik tahun 2008, total 29.605 GWH atau 23% total konsumsi listrik Indonesia, terfokus di DKI Jakarta dan Tangerang. Apabila 10% penduduk Jakarta berpartisipasi dalam EARTH HOUR, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh, yakni setara dengan:
Mematikan 1 pembangkit listrik
Menghemat 267,3 ton CO2
Menghemat lebih dari 267 pohon (1 pohon mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya)
Persediaan O2 untuk lebih dari 535 orang (1 pohon mampu memberikan O2 bagi 2 orang dalam 20 tahun masa hidupnya)
Apabila (300MWh = 1.080.000MJ) X Rp 200/MJ = menghemat hingga Rp 216.600.000,-

Di tahun 2010 ini, ada empat kota besar lain selain Jakarta yang akan berpartisipasi dalam event global ini, yaitu Bandung, Surabaya, Jogja, dan Bali. Earth Hour tahun lalu, Jakarta mematikan salah satu iconnya, yaitu Bundaran HI.

Untuk ikut menyelamatkan bumi, buka website resmi Earth Hour di Earth Hour Indonesia. Klik lampu di sebelah kanan, submit data, dan Anda akan terhitung sebagai partisipan Earth Hour. Untuk mengetahui update harian tentang Earth Hour, follow twitternya di @EHindonesia dan bantu sebarkan infonya kepada followers Anda.

Mari kita berbagi info untuk ikut berpartisipasi menyelamatkan bumi kita, terutama para pecinta gadgeters mohon untuk menahan diri sebentar waktu acara tersebut😀

Earth Hour Indonesia memiliki beberapa channel terkait dengan sosial media. Di antaranya:

  1. Website Resmi
  2. Twitter
  3. Group Facebook
  4. Cause Facebook
  5. Flickr
  6. Youtube

SPREAD THE WORDS ABOUT EARTH HOUR FOR BETTER FUTURE!

Silakan berbagi komentarnya dan usul apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung acara tersebut

sumber: http://ehindonesia.dagdigdug.com/