Kontes Pwn2Own tahun ini telah berakhir. Dari semua browser, hampir semua browser dapat ditaklukkan kecuali Google Chrome. Sedangkan di kelas smartphone, iPhone menjadi smartphone pertama yang bisa ditembus oleh para hacker dan peneliti keamanan di dunia.

Dengan hasil ini, Chrome menjadi browser yang dalam dua tahun berturut-turut tidak bisa dikalahkan. Ini bukan karena pangsanya yang kecil (5,6% menurut Net Applications) karena pangsa Safari lebih kecil dari Chrome (hanya 4,5%). Kondisi ini juga bukan karena Google telah menambal Chrome beberapa waktu sebelum kompetisi, mengingat Apple juga melakukan hal yang sama untuk Safari namun masih juga tertembus tiga tahun berturut-turut.

Miller, hacker Safari, mengatakan bahwa Google Chrome tidaklah lebih aman dari kompetitornya, namun ini karena hacker biasanya melakukan hack pada aplikasi yang mereka gunakan sendiri. Menurutnya, peneliti lebih cenderung memilih browser kesukaan mereka.

Google sendiri mengatakan bahwa Chrome memiliki keunggulan keamanan dibandingkan browser lain karena adanya fitur sandboxing, yang membatasi hak situs web untuk mengakses komputer. Selain itu, Google sendiri telah membuat kompetisi pencarian bug di Chrome dengan hadiah maksimum $1337 (LEET) yang ditengarai sebagai salah satu alasan kehandalan Chrome hingga sekarang ini.

Siapa mau mencobanya?