Tampaknya persaingan di dunia konsol game portabel semakin ketat. Michael Pachter, seorang analis dari Wedbush mengatakan bahwa pemotongan harga jual Sony PSP sangat diperlukan mengingat perbandingan harga Sony PSP dengan pesaing-pesaingnya terutama Nintendo DS yang juga dikabarka akan meluncurkan Nintendo DSi Versi Raksasa. “Saya pikir Sony sedang berjalan ke tembok dalam bersaing di sektor konsol genggam” Ucap Pachter.

Selain Nintendo Dsi, Ponsel pun bisa menjadi ancaman terhadap penjualan Sony PSP, seperti contoh iPhone, yang banyak memberikan hiburan dan jenis permainan yang menarik di dalam ponselnya meskipun bukan merupakan konsol game secara fisik dan memiliki segmen yang bebeda. Game dalam iPhone dapat di download dan dihapus dengan mudah, dan ketika bosan tinggal mendowndload game yang baru.

Karena itu Pachter menambahkan, dia merasa Sony perlu mengurangi harga jual PSP dan game gamenya di pasaran agar membuat persaingan semakin kompetitif. Apakah Sony akan memangkas harga jual Sony PSP nya? Pihak Sony masih belum memberikan komentar apapun mengenai hal tersebut.